SEMUA HARUS BACA DAN TAHU INI! INILAH KEADAAN ROH SETELAH MANUSIA MENINGGALKAN DUNIA! TOLONG DI BAGIKAN AGAR YANG LAIN IKUT TAHU...



Apakah Anda tahu bagaimana keadaan ruh kita bila sudah meninggal dunia kelak? Apapun yang bakal dikerjakan Oleh ruh? Apakah dia akan seperti orang yang hidup didunia? Wallahu Alam.


Tetapi supaya kita tahu, 1400 tahun silam Rasulullah SAW sudah banyak menerangkan pada kita tentang hal _ hal yang terkait dengan ruh. Berikut ini penuturannya berdasar pada hadist _ hadist Nabi.


 " 1_ Allah menjadikan ruh mereka berbentuk seperti burung berwarna kehijauan. Mereka mendatangi sungai _ sungai Surga, makan dari buah _ buahannya, serta berada didalam kindil (lampu) dari emas dibawah naungan 'Arasy ". (HR. Ahmad, Abu Daud serta Hakim) . 


2_ " Tak seorang pun melalui kuburan saudaranya yang mukmin yang dia kenal selama hidup didunia, lalu orang yang lewat itu mengatakan salam untuk dia, kecuali dia tahu serta menjawab salamnya itu " (HR. Abdul Bar dari Ibnu Abbas di dslam kitab Al _ Istidzkar serta At _ Tamhid) . 


3_ Orang yang sudah meninggal sama-sama kunjung berkunjung ke pada yang satu dengan yang lain " 


 " Ummu Hani bertanya pada Rasulullah SAW : Apakah kita akan saling mengunjungi jika kita sudah mati, serta saling lihat satu dengan yang lain wahai Rasulullah SAW?

Rasulullah SAW menjawab, Ruh akan jadi seperti burung yang terbang, bergelantungan di sebuah pohon, hingga bila datang hari kiamat, setiap roh akan masuk ke jasadnya masing _ masing " (HR. Ahmad serta Thabrani) .


 " 4_ Orang yang sudah meninggal merasa suka pada orang yang menziarahinya, dan terasa sedih pada orang yg tidak menziarahinya " 


Nabi SAW bersabda : " Tak seorang pun yang mengunjungi kuburan saudaranya serta duduk di kepalanya (untuk mendoakannya) kecuali dia merasa bahagia serta menemaninya sampai dia berdiri meninggalkan kuburan itu " (HR. Ibnu Abu Dunya dari Aisyah dalam kitab Al _ Qubur)


 " 5_ Orang yang sudah meninggal tahu keadaan dan perbuatan orang yang masih hidup, bahkan juga mereka merasakan sedih atas perbuatan dosa orang yang masih hidup dari kalangan keluarganya dan merasa senang atas amal shaleh mereka ". 


Hal ini sesuai berdasarkan sabda Nabi SAW :


a. Sesungguhnya perbuatan kalian diperlihatkan pada karib kerabat serta keluarga kalian yang sudah meninggal dunia. Bila.. perbuatan.. kalian baik, jadi mereka mendapatkan berita senang, tetapi bila selain dari pada itu, jadi mereka berkata : Ya Allah, janganlah engkau matikan mereka sampai Engkau memberi hidayah pada mereka seperti engkau memberi hidayah pada kami " (HR. Ahmad dalam musnadnya)


b. " Seluruh amal perbuatan akan dilaporkan pada Allah SWT pada hari Senin serta Kamis, serta diperlihatkan pada orang tua pada hari jumat. Mereka terasa senang dengan perbuatan baik orang _ orang yang masih hidup, muka mereka jadi lebih bersinar terang. Jadi bertaqwalah kalian pada Allah serta jangan sampai kalian menyakiti orang _ orang yang sudah meninggal dunia ". (HR. Tirmidzi dalam kitab Nawadirul. Ushul)


 " 5_ Orang yang beriman akan hudup didalam surga bersama anak cucu serta keturunan mereka yang sholih ".


Hal ini sudah dijelaskan Allah SWT dalam QS. At _ Thur : 21, " Serta orang _ orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka ikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, serta Kami tiada mengurangi sedikit juga dari pahala amal mereka. Tiap _ tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya ".
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment