YUK KITA SIMAK BARENG-BARENG!! CARA MERAMU DAN MEMANFAATKAN BIJI DAN KULIT RAMBUTAN UNTUK KESEHATAN KITA!!! INI CARANYA!!!



Siapa orang Indonesia yg tidak mengetahui Rambutan. Buah ini apabila sedang musim bisa didapati nyaris di semua penjuru negeri ini, meskipun dengan harga jual yang tidak sama. Rambutan begitu popular di Indonesia, tanaman ini banyak dibudidayakan di banyak daerah sepeti Kalimantan Selatan, Riau, Binjai, bahkan juga dari NTB.

Untuk penyuka buah rambutan butuh di ketahui bukan sekedar lezat disantap buahnya, nyatanya rambutan juga bisa dipakai sebagai obat alami untuk sebagian penyakit. Rambutan yang disebut tanaman multiguna ini dari kulit, daun, biji, hingga akar mempunyai keunggulan manfaat obat. Kulit buah bisa menyembuhkan disentri serta demam, kulit kayu untuk menyembuhkan sariawanm daun untuk menyembuhkan diare serta menghitamkan rambut, akar untuk menangani demam serta biji untuk mengatasi penyakit kencing manis serta berpotensi sebagai anti bakteri patogen pada ikan.

Kandungan buah rambutan antara lain karbohidrat, protein lemak, fosfor, besi, kalsium serta vitamin c. Kulit buah memiliki kandungan tanin serta saponin. Biji memiliki kandungan lemak serta polifenol. Daun mengandung tanin serta saponin. Sedang kulit batang mengandung tanin, saponin, flavoinida serta zat besi.

Bagaimana memanfaatkan Rambutan sebagai obat? Tersebut resepnya : 

1. Disentri : Bersihkan kulit 10 buah rambutan, potong kecil-kecil berikan 3 gelas air lalu rebus hingga jadi sisa 1 gelas. Minum ramuan ini 2 kali satu hari.

2. Demam : Bersihkan kulit buah rambutan kering sejumlah 15 gr berikan 3 gelas air lalu rebus selama 15 menit. Minum 3 kali satu hari.

3. Menghitamkan rambut beruban : Bersihkan daun rambutan seperlunya lalu tumbuk sampai halus, saring airnya, pakai untuk membasahi rambut. Lakukan setiap hari sampai rambut bebas uban.

4. Kencing manis : Sangrai 5 butir biji rambutan, lantas haluskan hingga jadi bubuk. Seduh dengan 1 cangkir air panas, sesudah dingin minum airnya. Lakukan setidaknya 1 kali satu hari.

5. Sariawan : Bersihkan kulit kayu rambutan sebesar 3 ruas jari, lantas rebus dengan 2 gelas air hingga sisa 1 gelas. Pakai untuk berkumur.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment