Bikin tertawa aja lihat pemerintah gaduh soal Freeport,mendingan urusi rakyat aja !



Dewan Perwakilan Rakyat menyesalkan prilaku para menteri membawa perdebatan perpanjangan kontrak Freeport ke ruangan publik. Alih-alih menyelesaikan masalah, hal itu dinilai kian membingungkan masyarakat.

 " Ingin dibawa kemana negara ini? Anggota kabinet lebih baik usaha keras di belakang layar serta buat jalan keluar, " kata Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Satya W. Yudha dalam diskusi bertema : Kenapa Ribut Soal Freeport? di Jakarta, Sabtu (17/10).

Menurut dia, polemik antarmenteri itu seolah-olah mencerminkan masalah kontrak Freeport serta perusahaan tambang lainnya cuma terjadi di saat pemerintahan saat ini. Padahal, masalah itu telah nampak lama, terlebih mulai sejak undang-undang pertambangan mineral serta batu bara terbit pada 2009.

 " Pasal 159 mengatakan setahun sesudah UU Minerba diterbitkan, semua renegosiasi kontrak karya serta kesepakatan karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) mesti telah usai. Itu bermakna seluruhnya renegosiasi sesudah 2010 melanggar undang-undang, " tuturnya.

Nah, menurut Satya, pekerjaan pemerintahan sekarang ini yaitu menjadikan satu sikap untuk menuntaskannya. Sayang, pola penyelesaian yang tampak sekarang ini membawa masalah ke ranah publik.

 " Kami tertawa saja lihat eksekutifnya gaduh. Bila DPR ingin gaduh, itu telah kami kerjakan saat tenggat renegosiasi kontrak tambang teratasi pada 2010. "

Rudi Gobel, Staf Pakar Komunikasi Menteri ESDM, menyampaikan, pihaknya tidak ada niat melempar masalah Freeport ke publik sampai jadi bola liar seperti saat ini. Menurut dia, masalah nampak karena ada info seolah-olah pemerintah telah memerpanjang kontrak Freeport.

 " Sebagian teman mengonfirmasi, ada info di website Freeport McMoRan bahwa pemerintah serta freeport telah meraih kesepakatan. ini lalu dikira bahwa pemerintah telah memerpanjang kontrak, " tuturnya. " Menteri ESDM tidak mungkin saja memerpanjang karena regulasi tidak membolehkan. "

Menurut dia, Menteri ESDM cuma kirim tanda bahwa pemerintah masih tetap mempunyai prinsip untuk meneruskan kerja sama juga dengan Freeport. Tetapi, di seberang sana, Menteri Koordinator Kemaritiman serta Sumber Daya Rizal Ramli telah menuding Menteri ESDM keblinger karena telah menjanjikan perpanjangan kontrak pada Freeport.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment