Electric starter rusak? Jangan buru-buru salahkan aki!



Kebanyakan orang menilai bahwa saat electric starter tidak bisa lagi berfungsi, hal itu disebabkan oleh aki yang sudah soak. Padahal, tidak semuanya salah aki.

Ada beberapa penyebab lain yang bikin electric starter macet atau rusak. Selain aki, switch starter dan dinamo bisa juga menjadi akar masalah ini.

Switch starter
Komponen satu ini berperan sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus serta menyambung arus listrik. Anda baiknya mengecek terlebih dulu dengan menyambung dua kabel ke baterai. Jika terdengar bunyi 'cetak-cetak' tandanya masih tetap bagus. Bila tak berbunyi mungkin saja telah rusak serta dianjurkan untuk ganti yang baru.

Dinamo 
Untuk komponen ini, sesungguhnya tak terlalu sering terjadi. Tetapi banyak juga yang alami rusaknya di bagian arang kumparannya (brush). Segera ubah arang kumparan dengan yang baru.

Aki 
Aki adalah sisi terakhir yang bisa Anda tuduh sebagai 'biang kerok' persoalan ini. Saat sebelum Anda mengecek dua bagian diatas, janganlah terlalu cepat menyalahkan aki.

Aki memanglah cukup vital perannya di electric starter, tetapi rusaknya bukan melulu disebabkan aki. Sedangkan cara tepat untuk tahu bahwa persoalan electric starter dikarenakan oleh aki, Anda cukup membunyikan klakson saja. Bila nada klakson tak nyaring, barulah Anda dapat menyalahkan aki sebagai biang kerok tak berfungsinya electric starter.

Semoga berguna serta jangan sampai tertipu oleh oknum beberapa orang bengkel yang nakal untuk mengeruk rupiah dari Anda karena tidak tahu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment