Kisah Malaikat Izrail yang Menangis dan Tertawa Saat Mencabut Nyawa



Kematian adalah rahasia ilahi serta tak ada satu pun manusia yang bisa tahu. Tidak bisa di pastikan tibanya kapan, penyebabnya juga terkadang yaitu suatu hal yg tidak terduga sebelumnya. Bahkan juga ada orang yang awalannya sehat, semenit lalu dapat meninggal bila sudah ajalnya.

Dalam kitab Tadzkirah karangan imam Qurthubi diterangkan, rahasia Allah SWT pada ajal ini sudah membuat Malaikat Izrail menangis dan tertawa waktu akan mencabut nyawa. Ia melihat bagaimanakah manusia dengan percaya diri akan menyambut hari esok, tanpa ada tahu bahwa besok yaitu hari kematiannya.


Cerita ini dijelaskan dalam kitab Tadzkirah karangan imam Qurthubi. Ia adalah pakar tafsir terkemuka di kelompok Ahlussunnah.

ALLAH swt. bertanya pada malaikat maut : “Apakah anda pernah menangis saat anda mencabut nyawa anak cucu Adam? ”

Maka Malaikat juga menjawab : “Aku pernah tertawa, juga pernah menangis, serta juga pernah terkejut dan kaget. ”

“Apa yang membuat kamu tertawa? ”

“Ketika saya bersiap-siap untuk mencabut nyawa seseorang, saya melihatnya berkata pada pembuat sepatu, ‘Buatlah sepatu sebaik mungkin agar dapat digunakan selama setahun’, ”.

“Aku tertawa karena belum pernah orang itu menggunakan sepatu dia telah kucabut nyawanya. ”

Allah swt. lalu ajukan pertanyaan : “Apa yang membuat kamu menangis? ”

Jadi malaikat menjawab : “Aku menangis saat akan mencabut nyawa seorang wanita hamil di dalam padang pasir yang tandus, serta akan melahirkan. Jadi saya menunggunya hingga bayinya lahir di gurun itu. Lalu kucabut nyawa wanita itu sembari menangis karena mendengar tangisan bayi itu karena tak ada seorang juga yang tahu hal itu. ”

“Lalu apa yang membuat kamu terkejut dan kaget? ”

Malaikat menjawab : “Aku terkejut dan kaget saat akan mencabut nyawa salah seorang ulama Engkau. Saya lihat sinar jelas benderang keluar dari kamarnya, setiap kali Saya mendekatinya sinar itu makin menyilaukanku seakan mau mengusirku, lalu kucabut nyawanya disertai sinar itu. ”

Allah swt ajukan pertanyaan lagi : “Apakah kamu tahu siapa lelaki itu?

“Tidak tahu, ya Allah. ”

“Sesungguhnya lelaki itu yaitu bayi dari ibu yang kau cabut nyawanya di gurun pasir gersang itu, Akulah yang menjaganya dan tidak membiarkannya. ”
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment