Mari Kita Ambil Pelajaran Dari Kisah Nenek Penjual Sapu! Semoga Terinspirasi!!!



Seorang teman menceritakan kekagumannya pada seorang nenek yang mangkal di depan Pasar Godean, Sleman, Yogyakarta. Ketika itu hari Minggu, waktu dia serta keluarganya akan pulang selesai silaturahim berbarengan kerabat, mereka melalui Pasar Godean.

Ibu dan teman saya tergoda beli ayam goreng di depan pasar untuk sajian makan malam. Kebetulan hari mulai gelap. Di samping warung ayam goreng itu ada seorang nenek kenakan pakaian lusuh bak pengemis, duduk bersimpuh tanpa ada alas, sembari merangkul tiga ikat sapu ijuk. Keadaannya tampak payah, lemah, serta tidak berdaya. Sesudah membayar ayam goreng, ibu teman saya punya maksud berikan Rp. 1000, - (tahun 2004) karena iba dan menganggap nenek tadi pengemis. Waktu menyodorkan lembaran duit tadi, tak disangka si nenek jadi menunduk kecewa serta menggeleng pelan. Sekali lagi diberi uang, sekali lagi nenek itu menolak.
Penjual ayam goreng yang kebetulan lihat peristiwa itu lalu menjelaskan bahwa nenek itu bukanlah pengemis, tetapi penjual sapu ijuk. Paham akan maksud kehadiran sang nenek yang sebenarnya, ibu teman saya pada akhirnya mengambil keputusan beli tiga sapunya yang bernilai Rp. 1. 500, - per ikat. Walau ijuknya jarang-jarang serta tak bagus, ikatannya juga longgar.


Menerima uang Rp. 5. 000, - si nenek tampak ngedumel sendiri. Ternyata dia tak mempunyai duit kembalian/
 " Ambillah saja uang kembaliannya, ", kata ibu teman saya. Tetapi, si nenek ngotot untuk mencarikan kembalian Rp. 500, -. Dia lalu bangkit serta dengan sulit payah menukar uang di warung paling dekat.

Ibu teman saya terpaku lihat polah sang nenek. Sesampainya di mbol, ia masih tetap selalu memikirkan, bagaimanakah mungkin saja di zaman saat ini masih tetap ada orang yang demikian jujur, mandiri, serta memiliki harga diri yang demikian tinggi.

Ngomong-ngomong, Anda pernah bertemu dengan orang yang sama dengan nenek penjual sapu ini? Bisa dibagi ceritanya untuk kita seluruhnya :)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment