Rossi: Tanpa 'sayap' pun saya finis di depan Lorenzo



Keputusan pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo memakai winglet atau sayap pada motor YZR-M1 miliknya dalam balapan Twin Ring Motegi, Jepang pada hari Minggu (11/10) kembali menimbulkan pertanyaan apa keuntungan yang sejatinya ia raih dari perangkat itu.

Lorenzo mulai menjajal winglet tersebut di uji coba Aragon, Spanyol beberapa waktu lalu, serta memakainya dalam session kualifikasi MotoGP Misano, San Marino. Ia melepasnya waktu melakukan balapan, sesaat Rossi jadi memasangnya pada salah satu dari dua motor yang ia kendarai.

Mulai sejak seri itu, Rossi telah tidak lagi memakai winglet serta mengambil keputusan untuk memakai perangkat yang telah ada pada motornya. Menurut dia, winglet itu tidak memberi dampak besar. Sementara itu, Lorenzo mengambil keputusan untuk kembali memakainya di Motegi, di mana ia finis ketiga.

Walau demikian, Lorenzo tidak membeberkan apa keuntungan yang ia dapatkan dari winglet itu. " Saya memakainya waktu session kualifikasi di Misano, serta Vale memakainya waktu balapan. Sesudahnya, saya memakai winglet itu di session pemanasan serta session balap disini. Jadi setelah itu giliran Vale, " katanya dalam jumpa pers di Motegi.

Rossi yang finis kedua juga ogah memakainya di Motegi walau winglet itu dengan cara teori memberi keuntungan aerodinamika. " Untuk saya, tambah baik tidak memakai winglet, karena tanpa dia juga saya dapat finis di depan Jorge! " guraunya. " Walau demikian saya tidak tahu kenapa Jorge memakainya disini, " tutup The Doctor.

Karena hasil balap di Twin Ring Motegi, Rossi yang masih tetap menempati puncak klassemen pebalap saat ini unggul 18 poin dari Lorenzo yang ada di peringkat ke-2. Keduanya bakal kembali bertarung di Australia, Malaysia serta Valencia.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment