MUNGKIN ADA SUDAH TAHU, TAPI APASALAHNYA ANDA LEBIH TAHU LAGI MANFAAT DAN KHASIAT BUAT KESEHATAN KITA



Mungkin Anda telah banyak yang mengenal apakah itu beras organik, walau demikian tak ada salahnya bila kita review sedikit perihal beras organik, manfaat serta manfaatnya pada kesehatan kita.

Apakah itu Beras Organik? 
Beras organik adalah beras yang dihasilkan lewat proses-proses organis yang ditanam serta disemai di tanah yang ramah lingkungan, 100% tak memakai pestisida kimia dari pertama penanaman hingga pada sistem pengolahan jadi beras yang siap dikomsumsi. Penanamannya memakai kompos serta pupuk hijauan, ataupun Pupuk Bio Hayati dan pemberantasan hama memakai pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan serta buah-buahan yang difermentasikan dengan cara alami. Sistem organis tersebut akan memperbaiki susunan serta kesuburan tanah, dan bangun ekosistem yang berkelanjutan.

Beras organik bebas dari unsur pestisida kimia yang oleh karena itu sangatlah baik untuk dikomsumsi sehari-hari. Dengan kandungan gula yang rendah, beras organik bisa dikomsumsi oleh pasien penyakit kencing manis (diabetes), pasien autis, dan bisa dikomsumsi oleh mereka yang tengah melakukan program diet. Rasa khas beras organik yang membedakannya dengan beras non organik yaitu rasa lebih pulen serta tak gampang basi. Nasi yang di proses dari beras organik bisa bertahan selama dua hari tanpa ada butuh menyimpannya didalam lemari pendingin (kulkas).

Beras organik ada beberapa jenis warna, yaitu hitam, merah, cokelat serta putih. tidak heran bila masyarakat sering menyebutnya dengan beras herbal. Aroma serta rasa beras organik Indonesia apabila telah dimasak sangat tidak sama dibanding dengan beras organik yang berasala dari India, Thailand atau negara yang lain. Beras organik dari Indonesia mempunyai kelebihan serta kelabihan yaitu rasa yang lebih enak karena susunan tanahnya. Aromanya harum serta tahan lama.

Keunggulan Beras Organik serta Beras Non Organik yaitu mempunyai kandungan nutrisi serta mineral yang tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat serta proteinnya gampang terurai, hingga aman serta sangat baik dikomsumsi untuk pasien diabetes serta baik untuk yang tengah melakukan program diet, mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi, serta vertigo.
Mungkin saja belum banyak yang tahu jika Beras Merah Organik ada dengan bukan sekedar warna putih namun berbagai warna. Jenis manfaat beras organik dapat dikelompokkan berdasarkan warnanya.

Apa saja Manfaat Beras Organik berdasar pada Warnanya?
Manfaat Beras Organik Warna Putih
Adalah type beras yang paling banyak dikomsumsi. Beras Organik warna putih bila dibandingkan dengan beras putih un-organik sangat jauh tidak sama. karena terasa lebih pulen serta lebih wangi. Juga tak mengandung pestisida kimia hingga sangatlah aman untuk dikomsumsi. Beras Organik warna putih masih tetap mempunyai kandungan nutrisi serta mineral yang tinggi.

Manfaat Beras Organik Warna Hitam
Dari segi manfaat gizi ternyata pigmen beras yang berwarna hitam mepunyai manfaat terbaik dibanding dengan beras organik warna yang lain, kenapa? Beras Organik warna hitam sangatlah tidak sama dibanding ketan hitam, baik rasa, aroma ataupun penampilannya. Sangat spesifik serta unik. Apabila telah dimasak beras organik warna hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Terasa enak serta aromanya menimbulkan selera makan serta sangat menggugah.

Beras Organik warna hitam mempunyai banyak manfaat serta manfaat untuk kesehatan kita, diantaranya 

1. Meningkatkan ketahanan badan pada penyakit.
2. Turunkan kadar gula darah (sangat baik untuk pasien diabetes).
3. Memperbaiki rusaknya sel hati (hepatitis serta chirrosis)
4. Mencegah masalah fungsi ginjal.
5. Memperlambat penuaan (Antiaging)
6. Mencegah Anemia
7. Mencegah kanker
8. Antioksidan
9. Turunkan tekanan darah (orang yang memiliki tekanan darah rendah baiknya sebaiknya memakai beras ini dengan digabung dengan beras merah, perbandingan 1 : 1)
10. Bersihkan kolesterol dalam darah (baik untuk diet).

Manfaat Beras Organik Warna Merah 
Salah satu langkah memasak beras merah yang di ketahui yaitu dengan tehnik Gamma Aminobtyric Acid (GABA) atau Germinated Brown Rice (GBR) yang bisa tingkatkan hormon perkembangan pada manusia. Sedang manfaatnya yaitu sebagai berikut.

1. Baik untuk program diet
2. Mencegah beragam penyakit saluran pencernaan
3. Bisa mencegah sembelit (konstipasi)
4. Menurunkan cholesterol darah.
5. Meningkatkan perubahan otak.
6. Menyehatkan jantung serta pembuluh darah
7. Mencegah penyakit keganasan serta penyakit degeneratif.
8. Memiliki kandungan Vitamin B 1 serta Mineral lebih tinggi dibanding dengan beras putih.
9. Mengandung lebih banyak magnesium yang sangat berguna untuk kesehatan jantung.
10. Kaya fiber asam lemak. kandungan fibernya yang tinggi dapat menghindar sembelit, hingga memperlancar sistem pengeluaran kotoran (defekasi). Kandungan fiber juga bikin anda lebih kenyang serta tak cepat lapar.
11. Kaya asam amino.

Manfaat Beras Organik Warna Cokelat. 
Warnanya memanglah cokelat, aroma serta rasanya sangat khas, miriip ketan. beras organik warna cokelat yaitu beras yg tidak digiling atau 1/2 digiling, jadi dapat dikatakan memiliki rasa sedikit seperti kacang serta lebih kenyal daripada beras putih. Walau lebih cepat basi, namun beras organik warna cokelat lebih memiliki nutrisi.

Perbedaan beras organik warna cokelat serta beras putih sesungguhnya tak terlampau jauh. Perbedaan keduanya terdapat pada pemrosesan serta kandungan nutrisinya. Bila susunan terluar atau kulit ari atau sekam dari biji padi dikupas jadi akhirnya yaitu beras organik berwarna cokelat. Tetapi bila susunan dalam atau kulit padi juga dikupas, jadi akhirnya yaitu beras putih umum.

Sebagian type Vitamin serta mineral bakal hilang dalam sistem penggilingan butir padi. Akibatnya, sebagian nutrisi yang hilang seprti Vitamin B1, B3, serta besi kerapkali ditambahkan kembali ke beras putih hingga berlabel “ diperkaya “ (enriched). sesaat pada beras organik warna cokelat, satu type mineral yg tidak butuh ditambahkan yaitu magnesium.

Bagaimanakah Cara Memasak Beras Organik? 
1. Bilas sekali saja (tergantung kebiasaan), 3 gelas beras organik lalu masukkan kedalam wadah penanak nasi.
2. Masukkan 4, 5 gelas air kedalam wadah pennak nasi, bila mau lebih pulen, tambahkan air lalu masukkan ke wadah penanak nasi.
3. Selama sistem memasak jangan buka serta mengaduk beras hingga aroma beras terus terjaga.
4. Sesudah masak, Nasi siap dihidangkan untuk disantap. Lebih nikmat dalam keadaan panas.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment