SUDAH TAHUKAH ANDA DENGAN TANAMAN HARENDONG, TERNYATA SANGAT AMPUH UNTUK MENGOBATI LUKA BAHKAN SAMPAI BERNANAH SEMBUH, OBAT DOKTER AJA KALAH AMPUHNYA



Untuk Anda yang memiliki luka tidak kunjung sembuh pada badan bahkan sampai bernanah, tak ada salahnya coba manfaat daun tumbuhan liar ini, daun Harendong yang tanamannya lebih dikira gulma di perkebunan tetapi ternyata berguna sebagai obat serta pelengkap bahan kuliner. Buah dari tanaman Harendong yang ternyata bisa juga untuk dimakan.

Tidak kenal jadi tidak sayang, Harendong Bulu, demikian masyarakat Sunda umum menyebutnya, tanaman liar yang memanglah gampang tumbuh di semak belukar, pinggiran hutan serta tepi jurang, baik itu pada dataran rendah sampai ketinggian 1, 500 diatas permukaan laut. Clidemia hirta (L.) D. Don, nama latin Harendong Bulu yang dikenal sebagai tanaman perdu dimana dapat tumbuh tegak sampai mencapai 2 meter.

Cara menyembuhkan luka bernanah dengan daun Harendong, beberapa lembar daun Harendong bulu dicuci bersih terlebih dahulu lalu diremas untuk dioleskan pada luka dengan cara teratur dalam seminggu. Manfaat daun Harendong yang lain yakni menghentikan pendarahan pada luka sayatan.

Anda yang pecinta kuliner, daun Harendong yang bisa dipakai untuk menghilangkan lendir pada ikan yang bakal dibersihkan, maupun pengganti daun pepaya untuk bikin empuk daging. Lalu untuk Anda yang suka berpetualang di hutan, dalam situasi terdesak, buah Harendong bulu yang telah masak berwarna ungu di kenal terasa manis serta gurih hingga enak dimakan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment