ORANG TUA WAJIB TAHU INI!!! JANGAN SAMPAI MENYESAL JIKA TIDAK MEMBACANYA!!! INILAH TIPS UNTUK MENGATASI ANAK STEP DAN KEJANG DEMAM!!!



Kejang, baik yang disertai demam atau tak, bisa beresiko fatal. Tersebut penyebab, setelah memberi pertolongan pertama, bawa selekasnya si kecil ke rumah sakit.

Kejang sendiri terjadi dikarenakan ada kontraksi otot yang terlalu berlebihan kurun saat tertentu tanpa ada bisa dikendalikan. Satu di antara pemicu terjadinya kejang demam yaitu tingginya suhu badan anak. Munculnya kejang yang dibarengi demam itu diistilahkan sebagai kejang demam (convalsio febrillis) atau stuip/step.

Masalahnya, toleransi semasing anak pada demam sangat beragam. Pada anak yang toleransinya rendah, jadi demam pada suhu badan 38 C juga sudah bisa membuatnya kejang. Sesaat pada anak-anak yang toleransinya normal, kejang baru dihadapi bila suhu badan sudah mencapai 39 C atau lebih.

CIRI-CIRI KEJANG 

Sudah pasti dalam soal semacam itu orangtua harus bisa membaca sinyal tanda seorang anak yang terkena kejang demam. Satu diantaranya :
*ke-2 kaki serta tangan kaku diimbangi sebagian gerakan kejut yang kuat dan kejang-kejang selama 5 menit.
*bola mata berbalik ke atas
*gigi terkatup
*muntah
*tidak jarang si anak berhenti napas sejenak.
*pada sebagian permasalahan tidak bisa mengontrol pengeluaran buang air besar/kecil
pada kasus berat, si kecil sering tak sadarkan diri. Mengenai intensitas waktu kejang juga sangat beragam, dari beberapa detik sampai puluhan menit.

TIPS ATASI KEJANG DEMAM 

Berikut beberapa penjelasan perihal kejang serta demam pada anak : . Suhu badan normal anak seputar pada 36-37 C. Si kecil dinyatakan demam jika temperatur badannya yang diukur lewat mulut/telinga menunjukkan angka 37, 8 C ; lewat rektum 38 C, serta 37, 2 C lewat ketiak. Sebelum semakin tinggi, selekasnya beri obat penurun panas. .

Orang-tua janganlah demikian mudah mengatakan seorang anak demam atau bukan sekedar dengan menempelkan punggung tangannya di dahi anak. Cara barusan terang tidak akurat karena sangat dipengaruhi oleh kepekaan serta suhu tubuh orangtua sendiri.
Termometer air raksa dipercaya yaitu langkah yang paling cocok untuk mengukur suhu badan. Pengukuran suhu badan akan lebih akurat jika termometer ini ditempatkan di rongga mulut atau rektum/anus dibanding ketiak.

Waktu hadapi si kecil yang tengah kejang demam, sebisa-bisanya coba berlaku tenang. Sikap panik hanya akan bikin kita tidak tahu harus berbuat apa yang mungkin saja saja akan buat penderitaan anak lebih parah.

Jangan pakai alkohol atau air dingin untuk menurunkan suhu badan anak yang tengah demam. Pemakaian alkohol sangat berpeluang menyebabkan iritasi pada mata serta intoksikasi/keracunan.

Lebih aman pakai kompres air biasa yang diletakkan di dahi, ketiak, serta lipatan paha. Kompres itu bertujuan turunkan suhu di permukaan badan. Turunnya suhu itu diinginkan berlangsung karena panas badan dipakai untuk menguapkan air pada kain kompres. Penurunan suhu yang drastis malah tak dianjurkan.

Jangan beberapa coba memberi aspirin atau jenis obat yang lain yang memiliki kandungan salisilat lantaran diduga bisa menyebabkan sindroma Reye, sejenis penyakit yang termasuk langka serta mempengaruhi kerja lever, darah, serta otak.

Sesudah anak benar-benar sadar, bujuklah ia untuk banyak minum serta konsumsi makanan berkuah atau buah-buahan yang banyak mengandung air. Dapat berbentuk jus, susu, teh, serta minuman yang lain. Dengan demikian, cairan badan yang menguap akibat suhu tinggi dapat cepat tergantikan.

Jangan selimuti si kecil dengan selimut tebal. Selimut serta baju tidak tipis serta tertutup malah bakal tingkatkan suhu badan serta menghalangi penguapan. Baju ketat atau yang mengikat terlalu kencang baiknya ditanggalkan saja.

MENOLONG ANAK KEJANG 

Jangan cemas, segera longgarkan bajunya serta terlepas atau buang seluruhnya yang menghalangi saluran pernapasannya. Jadi bila tengah makan mendadak anak kejang, atau ada suatu hal di mulutnya waktu kejang, selekasnya keluarkan.

Miringkan badan anak karena biasanya anak yang sedang kejang keluarkan cairan-cairan dari mulutnya. “Ini sebenarnya air liur yang banyak jumlahnya lantaran saraf yang mengatur kelenjar air liur tidak termonitor lagi. Bila tengah kejang, kan, saraf pusatnya terganggu. Bukan cuma air liur, air mata juga dapat keluar. ” Guna memiringkan badan yaitu agar cairan-cairan itu segera keluar, tak menetap di mulut yang jadi berisiko menyumbat saluran napas serta memperparah keadaan.

Jangan gampang yakin bahwa meminumkan kopi pada anak yang sedang kejang dapat segera hentikan kejang itu. “Secara medis, kopi tidak bermanfaat untuk mengatasi kejang. Kopi malah bisa mengakibatkan tersumbatnya pernapasan apabila diberikan waktu anak alami kejang, yang jadi dapat mengakibatkan kematian. ”

Segera bawa anak ke tempat tinggal sakit paling dekat, jangan sampai otak kelamaan tidak mendapat oksigen. “Usahakan lama kejang tidak lebih dari tiga menit. Siapkan obat antikejang yang disarankan dokter apabila anak memanglah pernah kejang atau mempunyai riwayat kejang. ”
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment