BANYAK YANG BELUM TAHU !!! TERNYATA RAMUAN REBUSAN DAUN KOPI INI SUDAH LAMA PADA ZAMAN PENJAJAH JEPANG !!! TERNYATA SANGAT AMPUH MENGOBATI PENYAKIT KURAP, DARAH TINGGI DAN MASALAH PERNAPASAN !!! INI CARA MERAMUNYA DAN TOLONG BANTUAN SHARE LAGI !!!



Untuk Anda pencinta kopi mungkin saja saja tidak pernah terpikirkan untuk Anda bila kecuali bijinya, daun kopi nyatanya bisa pula dipakai sebagai bahan minuman. Terkecuali memiliki aroma yang dan rasa yg tidak kalah enak, daun kopi juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk tubuh kita.

Seduhan air daun kopi—yang umum disebut Aia (Air) Kawa—adalah satu di antara type minuman yang begitu populer di Ranah Minang. Warga sekitaran biasanya nikmati minuman santai ini didalam wadah batok kelapa dengan kue Bika sebagai pelengkap kenikmatannya. Kue Bika sendiri yaitu kue basah berwarna putih yang terbuat dari beras, kelapa serta gula. Aia Kawa begitu populer serta disantap nyaris sehari-hari dalam isi keseharian warga Minang.

Sejarahnya juga unik, konon jaman dahulu waktu Jepang masih menjajah serta berkuasa di Ranah Minang, mereka mengambil hasil buah kopi segar dari tanah warga pribumi serta mengekspornya keluar negeri. Oleh karenanya sebagian warga pribumi tak dapat nikmati air seduhan dari buah kopi itu, serta pada saat itu meminum kopi memiliki kelebihan sendiri yang melukiskan tingginya derajat orang itu. Karenanya beberapa warga pada akhirnya ganti ketiadaan buah kopi dengan olahan daun kopi, yang nyatanya memiliki rasa yg tidak kalah nikmat di banding dengan olahan buahnya. Sejak mulai saat itu, kebiasaan warga dalam meminum Air Kawa jadi lestari hingga sekarang ini.

Cara bikin Air Kawa termasuk juga mudah, sederhana, serta tetap masih berciri tradisional. Sistem ini diawali dengan mengeringkan daun-daun kopi lokal yg tidak di kenali variannya melalui langkah disangrai diatas perapian selama sekitaran 12 jam. Step pengeringan ini memang termasuk step yang paling konsumsi waktu. Setelah itu, daun kopi yang telah jadi kering dikombinasi dengan air dingin serta diseduh hingga mendidih. Air Kawa yang telah masak tidak diminum didalam gelas seperti yang umum warga metropolitan lakukan, walau demikian dituang dalam wadah tempurung kelapa.

Ciri khas ini dapat yang buat Air Kawa terasa lebih nikmat serta harum. Tidak seperti kopi yang biasanya berwarna hitam pekat dengan serbuk biji-bijiannya yang mengendap, Air Kawa terlihat lebih sama teh dan kandungan kafeinnya lebih mudah di banding dengan air kopi umum. Minuman satu ini cocok menjadikan minuman kopi alternatif yang bersahabat buat mereka yang memiliki alergi pada kopi biasa—karena biasanya alami pening dan jantung berdetak kencang.


Terkecuali perasaan yang nikmat dan fresh waktu menjadikan minuman, daun kopi juga memiliki bermacam manfaat, yaitu salah satunya :

-Menyembuhkan penyakit kurap. 

Yaitu dengan mencampurkan serta menumbuk sebagian lembar daun kopi dengan semut hitam, sesudah lumat digosok-gosokkan ke segi badan yang diserang kurap. Ulangilah selalu keseharian sampai sekitar 1 minggu.

-Menurunkan tekanan darah tinggi untuk pasien Hipertensi. 

Langkahnya dengan bersihkan serta merebus sekitaran 20 helai daun kopi yang tetap masih muda sampai mendidih, aduk perlahan-lahan hingga air rebusannya berpindah warna jadi kemerahan. Campur dengan gula pasir atau gula batu serta minum ketika tetap masih hangat. Dapatlah melalui langkah konsumsi selekasnya 10 helai daun kopi.

-Menghangatkan badan dan memperlancar saluran pernapasan. 

Cara barusan sering dilakukan melalui langkah mencampurkan air seduhan daun kopi dengan jahe.
Berikan stamina serta vitalitas. Yaitu melalui langkah mencampurkan Air Kawa dengan telur serta madu.
Bagaimana? Anda tertarik untuk cobalah kekhasan dan rasa baru dari mencicipi kopi? Bila anda berkunjung ke Ranah Minang, ada bagusnya apabila anda menyempatkan diri untuk singgah ke satu di antara kedai Air Kawa yang populer di daerah itu, yaitu di Jalan Raya Bukit Tinggi Payakumbuh di Desa Koto Hilalang Angkat Cadung. Tak perlu takut dengan biayanya, karena walaupun kopi termasuk minuman berkelas kota metropolitan—yang kerap dipopulerkan dengan ramainya kedai-kedai kopi impor memiliki label internasional—namun di daerah ini anda bisa nikmati sensasi baru meminum kopi dengan hanya Rp 3. 000, - saja. Harga itu termasuk juga satu tempurung kelapa Air Kawa serta sepotong kue Bika yang harum. Coba.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment