WOOOW SUNGGUH MENAKJUBKAN SEKALI !!! PARA BUNDA WAJIB BACA INI !!! KETAHUILAH INI RESEP TRADISIONAL PENGGANTI OBAT UNTUK BAYI DAN ANAK KESAYANGAN ANDA !!!


Tak ada salahnya kita sebagai orang-tua memberi pertolongan pertama untuk bayi menggunakan obat tradisional. Terdapat banyak resep obat tradisional yang umum digunakan untuk membantu menangani beberapa ganggguan kesehatan pada bayi dengan sebagian bahan yang sudah familiar untuk kita.

Resep Tradisional Pengganti Obat Untuk Bayi Serta Anak 

Untuk obat batuk pilek serta demam 

Bawang merah dipatut diberi 1 sdm minyak kayu putih atau minyak telon, air jeruk nipis dan sedikit garam. Lalu di balur ke sekujur tubuh anak dari kepalasampai telapak kaki. Berikanlah si kecil baju lengan panjang dan celana panjang. Apabila tidak ada jeruk nipis, bisa diganti dengan asem (Jawa), tetapi asem dapat menyebabkan noda dibaju.

Untuk turunkan demam, parut bawang merah seperlunya, berikan di tubuh bayi/anak
.
Untuk borok 

3 siung bawang merah dan 2 jari rimpang kunyit dicuci, diparut, lalu dikombinasi dengan 2 sendok minyak kelapa baru. Hangatkan diatas api kecil sambil diaduk. Setelah dingin, berikanlah di bagian badan yang sakit sejumlah 2 kali satu hari.

Untuk masuk angin 

8 siung bawang merah, dicuci, tumbuk halus, campur dengan air kapur sirih seperlunya. Berikan dipunggung, leher, perut dan kaki.
Untuk singkirkan masuk angin, perut kembung dan kolik pada anak
Langkahnya, ¼ sendok teh bubuk jahe kering digabungkan dalam ½ cangkir air panas. Berikanlah 1-2 kali/hari sama seperti umurnya.

Untuk diare 

½ jari kunyit dan 3 lembar daun jambu biji muda fresh dihaluskan, campur dengan ½ cangkir air, lalu diperas. Setelah disaring, diminumkan pada anak sekehendaknya.

Atau, 3 lembar daun jambu biji muda dan fresh dicuci bersih, tumbuk halus, berikanlah ½ cangkir air masak hangat, diperas dan diambil airnya. Berikanlah garam seperlunya terlebih dulu diminumkan pada anak. Air perasan diberikan pada anak sama seperti kepentingan.
Untuk kulit berjamur atau bercak putih jamur/ruam popok karena pemakaian diapers, Parut kunyit lalu berikanlah.

Untuk obat batuk anak 

Langkahnya, kukus (dalam panci kecil tertutup selama beberapa jam) satu genggam (sekitaran 11-12 gr) bunga belimbing wuluh fresh, 5 butiradas, 1 sendok makan gula batu dan ½ gelas air. Saring dan minumkan 2-3 kali/hari dengan dosis sama seperti usia anak.
Untuk memperingan perut kembung pada bayi

Langkahnya, panaskan daun mengkudu diatas api beberapa saat, lalu berikan minyak kelapa fresh/yang baru. Tempelkan pada perut anak ketika hangat. Bisa diulang demikian kali.

Untuk obat muntaber 

Air kelapa muda kaya akan mineral kalium, yang banyak keluar waktu anak muntaber. Dosisnya tak ada takarannya, sekendak anak.

Untuk menyembuhkan luka-luka dan gatal-gatal akibat kudis (scabies)
Langkahnya, 2-3 jari batang brotowali dipotong kecil-kecil, rebus dengan 6 gelas air. Setelah mendidih, biarkanlah selama ½ jam. Saring air dan gunakan untuk mengobati luka serta gatal-gatal.

Untuk mencairkan dahak dan obat batuk anak 

1. Langkahnya, campur 1 sdm air perasan jeruk nipis, 3 sdm madu murni, 5 sdm air masak, lalu ditim selama 30 menit. Ukuran minum bayi pada usia 6-1 th. : 2 kali ½ sdt ; anak 1-3 th. : 2 kali 1 sdt ; anak 4 -5 th. : 2 kali 1 ½ sdt.

2. Langkah lain, potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya, taruh dalam gelas/cangkir. Berikanlah kecap manis, aduk. Tukaran minum untuk anak, 3 kali sdt/hari.

Untuk obat bisul 

Langkahnya, parut kentang dan peras. Berikanlah sari air dan parutan kentang fresh dioles-oleskan pada bisul 3-4 kali/hari. Bisa pula untuk ruam kulit yang karena biang keringat atau keringat buntet (miliaria), karena ciri-ciri kentang yang mendinginkan.
Untuk menentramkan bayi dan anak yang sering rewel waktu malam hari
Berikan parutan banglai segal di kening dan badan anak.

Untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak 

Langkahnya dengan memoleskan daging daun lidah buaya pada semuanya permukaan kulit yang memikul derita luka bakar.
Untuk tingkatkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas, sebagian berikanlah dan kejang perut
Langkahnya, daun pepaya muda ditumbuk, diperas, saring, lalu minum airnya.

Untuk memberi nafsu makan 

Langkahnya, 150 gr temulawak 50 gr kunyit fresh dikupas, irislah tipis, rendam dalam 500 cc madu kapuk dalam toples tertutup selama 2 minggu. Setelah 2 minggu ramuan siap untuk digunakan. Ketetapan minum : 1 sendok makan madu temulawak digabungkan dalam 1/2 cangkir air hangat, diminum pagi dan sore.

Untuk memperingan batuk pada anak 

Langkahnya, 5 gr kencur segar dicuci bersih, parut, lalu berikan 2 sendok makan air putih masak dan diaduk. Sesudah disaring, berikan 1 sdm madu murni. Berikanlah 2-3 kali satu hari.

Untuk memperingan bayi yang memikul derita kolik atau yang kesakitan akibat erupsi (keluarnya) gigi. Untuk obat masuk angin dan kolik
Langkahnya 1 sendok teh adas digabungkan dengan 1 cangkir air mendidih, aduk hingga larut. Setelah agak dingin, larutan dapat diminumkan pada bayi/anak dengan takaran sesuai umurnya.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment