Mengapa tiba-tiba knalpot berasap tebal?Jangan Remehkan Itu, Mari kita Cari Tahu Disni...



Pernahkah Anda menemui tanda-tanda motor yang knalpotnya keluarkan asap tebal, walau sebenarnya itu yaitu motor 4tak? Pasti pernah, bukan?

Lantas, kenapa hal semacam itu terjadi?

Knalpot yang berasap sejatinya dibedakan jadi dua, yaitu asap hitam serta asap putih. Bila motor Anda knalpotnya berasap hitam, hal itu bukanlah permasalahan besar. Berarti masih tetap tak berbahaya bila dipakai.

Asap hitam pada knalpot dikarenakan oleh mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros) bisa karena setingan angin/co terlampau boros atau karena pengapian yg tidak optimal. Bagaimana caranya mengatasinya?

Anda cuma butuh mengecek filter udara, setelan angin karburator/co untuk injeksi, busi, serta komponen sensor, injek bahan bakar sertas fuel pressure regulator. Bila dilewatkan juga sebenarnya tak apa-apa, cuma saja tak enak dilihat serta dapat bikin kantong Anda jebol karena makin boros.

Yang kedua yaitu asap putih. Munculnya asap putih pada knalpot mungkin saja tanda bahaya pada mesin. Kenapa? Karena ada oli yang ikut terbakar. Biasanya bila oli ikut terbakar, asap gas buang berwarna putih.

Bila oli mesin ikut terbakar, jelas itu bakal memakan jatah oli pada mesin. Hingga oli akan cepat habis. Anda juga dituntut supaya peka, segera periksa untuk sisi ini. Jika oli mesin hingga habis tanpa ada ketahuan, jadi bakal sangatlah fatal mengakibatkan pada kinerja serta usia mesin. Tidak cuma itu saja, ruangan bakar akan dipenuhi oleh kerak yang sangatlah tidak tipis. Hal itu bikin ruangan bakar jadi sempit serta pembakaran tidak lagi prima.

Jadi, janganlah anggap sepele asap putih yang keluar dari knalpot motor Anda. Selekasnya periksakan motor di bengkel berlangganan Anda. Mudah-mudahan berguna.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment