Jika Rossi Pensiun, Dorna Bisa Rugi Hingga 50%! Makanya Rossi Tidak Boleh Pensiun Dulu



Pelatih terkenal asal Italia Marcelo Lippi menyampaikan bila pembalap dari tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi menjadi magnet sendiri untuk pecinta MotoGP di semua dunia. Menurut Lippi, Rossi jadi sumber iklan tersukses dalam gelaran balap paling bergengsi itu. Bahkan Dorna sebagai penyelenggara dapat rugi hingga 50% kalau Rossi pensiun.

“Selama 20 tahun, Rossi jadi sponsor utama MotoGP. Tanpanya, balapan motor ini bakal mengalami kerugian hingga 50%, ” kata Lippi.

Walau masih kalah dengan Sepak bola, tetapi gelaran MotoGP ini ternyata jadi motor perputaran duit yang sangat besar. Menurut penilaian TSMPlug, penjualan hak siar jadi salah satu sumber pemasukan utama DORNA sebagai promotor balap MotoGP. Total penjualan hak siar dari semua dunia mencapai USD 100-120 juta (Rp 1, 3-1, 6 triliun). Walau angkanya terhitung besar, DORNA memproduksi sendiri acara itu. DORNA juga yang mendistribusikan gelaran ini ke semua dunia pada stasiun tv yang membeli hak siar.

Selain itu, cost operasional tim saat pindah dari satu seri ke seri setelah itu juga dijamin Dorna. Menurut laporan TSMPlug, DORNA menghabiskan dana tak kurang dari USD 50 juta (Rp 680 miliar) per th. cuma untuk memikul cost operasional tim peserta MotoGP. Karena besarnya cost yang dikeluarkan DORNA ini, jadi tak heran bila nilai sponsor MotoGP bernilai sangat besar. Sampai musim 2015 selesai DORNA menggandeng Monster Energy, Bwin, serta TIM dengan kontrak periode panjang di mana sponsor mesti merogoh kocek hingga USD 100 juta (Rp 1, 3 triliun) supaya dapat bekerja sama.

Pernyataan Lippi ini adalah tindak lanjut mengenai isu yang beredar tentang Valentino Rossi yang akan gantung helm lantaran gagal mencapai juara dunia musim ini. Kegagalan Rossi ini ditenggarai karena ada konspirasi pada pembalap Spanyol.

“Sebagai pembalasan dari segi olahraga, Rossi sepertinya mesti meninggalkan MotoGP. Mungkin dia dapat tampak di Superbike. Cuma keputusan itu yang bisa menebus seluruhnya yang sudah terjadi, ” tutup Lippi.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment