Kita Semua Harus Tahu! Mengapa Doa Kita Tidak Terkabul? Inilah Penjelasannya!!



Kita semua pasti pernah berdoa (memohon pertolongan) pada Allah, baik permohonan yang sifatnya pokok, seperti mohon ketetapan iman, yakin, syukur, khusnul khotimah, hidup barokah dan sebagainya.

Sampai permohonan yang bersifat duniawi seperti mohon naik upah, naik pangkat, dapat bayar hutang, Tetapi dari semua orang yang berdoa itu tidaklah semua sudah dikabulkan oleh Allah.

Pada dasarnya semua doa pastilah diijabahi (dikabulkan) olehAllah. Seperti diinformasikan dalam Al Qur-an : “Dan Tuhanmu berfirman : Berdoalah kepada-Ku, pasti akan Kuperkenankan bagimu” (Al Mukmin : 60).

Sabda Rosululloh SAW : “Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan.  (HR. Ath-Thirmidzi). Namun tentu doa yang dikabulkan itu yaitu doa yang memenuhi syarat aturan dari Alloh yakni Yakin serta khusyu.

Dikutip dari islamedia. co di antara karena tertolaknya doa yaitu :

1. Kalbu yang lalai, yang maksiat, serta ragu pada Allah Swt. Rasul saw bersabda, " Berdoalah pada Allah dalam kondisi engkau meyakini doa itu diijabah. Ketahuilah bahwa Allah tak terima doa yang berasal dari kalbu yang lupa serta alpa. " (HR at-Tirmidzi)

2. Memakan atau mengonsumsi suatu hal yang haram. Nabi saw bersabda, " Ada seorang yang lakukan perjalanan, rambutnya kusut, pakaiannya lusuh, ia mengangkat tangannya ke langit, 'Wahai Tuhan.. ' sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, serta nutrisinya dari yang haram. Bagaimanakah mungkin saja doanya di terima?! " (HR Muslim).

3. Putus asa dalam berdoa karena terburu-buru. Rasul saw bersabda, " Doa kalian diijabah selama tak terburu-buru. yakni dengan berkata, 'Aku telah berdoa namun belum dikabulkan juga. ' " (HR muttafaq alayh).

Itu sejumlah hal yang dapat membuat doa tak diterima. Akan tetapi, apa yang Anda kerjakan telah baik. Anda lakukan beberapa ibadah dimana beribadah serta amal salih adalah sarana yang memperlancar terkabulnya doa. Karena itu, bila Anda telah banyak ibadah serta beramal, lalu meninggalkan dosa serta barang haram, yakinlah bahwa doa Anda terkabul.

Cuma saja cara Allah mengabulkan doa sesuai dengan kehendak-Nya ; bukan dengan kehendak Anda. dan pada waktu yang Dia tetapkan ; bukan saat yang Anda tentukan. KadangAllah segera mengabulkan doa itu. kadang Allah taruh untuk diberikan di akhirat. Atau bisa juga Allah ubah dengan melenyapkan keburukan yang setara dengan doa yang dipanjatkan.

Jadi yang terpenting yaitu berdoa dan berdoa. Karena dengan berdoa minimal kita memperoleh pahala serta terhindar dari kelompok orang sombong yang tidak ingin berdoa pada Allah. Kemudian, yakinlah bahwa doa itu pasti dikabulkan lewat cara Allah selama kita menjauhi dosa serta hal yang haram. Wallahu a'lam.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment