ORANG TUA WAJIB TUA! CINTAILAH SIBUAH HATI ANDA, INILAH CARA MENGATASI STEP/KECANG DEMAM PADA BAYI DAN ANAK ANDA



Kejang, baik yang disertai demam atau tak, dapat beresiko fatal. Tersebut penyebab, sesudah berikan pertolongan pertama, bawa segera si kecil ke rumah sakit.
Kejang sendiri terjadi disebabkan ada kontraksi otot yang berlebihan kurun waktu tertentu tanpa ada dapat dikendalikan. Salah satu pemicu terjadinya kejang demam yakni tingginya suhu tubuh anak. Timbulnya kejang yang dibarengi demam ini diistilahkan sebagai kejang demam (convalsio febrillis) atau stuip/step.
Masalahnya, toleransi semasing anak pada demam sangat bervariasi. Pada anak yang toleransinya rendah, jadi demam pada suhu badan 38 C juga telah dapat membuatnya kejang. Sementara pada anak-anak yang toleransinya normal, kejang baru dialami bila suhu tubuh telah mencapai 39 C atau lebih.

CIRI-CIRI KEJANG 
Tentu saja dalam hal ini orangtua mesti dapat membaca ciri-ciri seseorang anak yang terkena kejang demam. Di antaranya :
ke-2 kaki serta tangan kaku disertai gerakan-gerakan kejut yang kuat serta kejang-kejang selama 5 menit. bola mata berbalik ke atas

1. gigi terkatup
2. muntah
3. tak jarang si anak berhenti napas sejenak.
4. pada sebagian masalah tak dapat mengontrol pengeluaran buang air besar/kecil
5. pada kasus berat, si kecil sering tidak sadarkan diri. Adapun intensitas saat kejang juga sangat beragam, dari sebagian detik hingga puluhan menit.

MENOLONG ANAK KEJANG 
1. Jangan cemas, segera longgarkan bajunya serta lepas atau buang seluruhnya yang menghalangi saluran pernafasannya. Jadi bila tengah makan mendadak anak kejang, atau ada sesuatu di mulutnya waktu kejang, segera keluarkan.

2. Miringkan badan anak karena biasanya anak yang tengah kejang mengeluarkan cairan-cairan dari mulutnya. “Ini sebenarnya air liur yang banyak jumlahnya lantaran saraf yang mengatur kelenjar air liur tidak termonitor lagi. Bila tengah kejang, kan, saraf pusatnya terganggu. Bukan cuma air liur, air mata juga dapat keluar. ” Guna memiringkan badan yaitu agar cairan-cairan ini segera keluar, tak menetap di mulut yang jadi berisiko menyumbat saluran napas serta memperparah situasi.

3. Janganlah mudah yakin bahwa meminumkan kopi pada anak yang tengah kejang dapat segera hentikan kejang itu. “Secara medis, kopi tidak berguna untuk menangani kejang. Kopi malah bisa mengakibatkan tersumbatnya pernapasan apabila diberikan waktu anak alami kejang, yang jadi dapat menyebabkan kematian.

4. Segera bawa anak ke rumah sakit paling dekat, jangan sampai otak kelamaan tidak memperoleh oksigen. “Usahakan lama kejang tidak kian lebih tiga menit. Siapkan obat antikejang yang disarankan dokter apabila anak memang pernah kejang atau mempunyai riwayat kejang. ”

YANG BISA DILAKUKAN ORANG TUA 
1. Segera beri obat penurun panas demikian suhu badan anak melalui angka 37, 5 C.

2. Kompres dengan lap hangat (yang suhunya kurang lebih sama juga dengan suhu tubuh si kecil). Jangan kompres dengan air dingin, karena bisa mengakibatkan “korsleting”/benturan kuat di otak pada suhu panas badan si kecil dengan kompres dingin tadi.

3. Supaya si kecil tak cedera, pindahkan benda-benda keras atau tajam yang ada dekat anak. . Tidak butuh menahan mulut si kecil supaya terus terbuka dengan mengganjal/menggigitkan suatu hal di antara giginya. . Miringkan posisi badan si kecil supaya pasien tak menelan cairan muntahnya sendiri yang dapat mengganggu pernapasannya.

4. Janganlah berikan minuman/makanan segera setelah berhenti kejang karena cuma akan berpeluang membuat anak tersedak.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment