BUNDA ANDA HARUS BACA INI, JIKA SI KECIL MENGALAMI DEMAM, JANGAN BURU-BURU DI BERI OBAT, CARI DULU PENYEBAB DEMAMNYA, BIAR TIDAK SALAH OBAT


 

Waktu anak didera sakit demam baiknya kita jangan segera panik serta lakukan beragam tindakkan perlakuan yang tergesa-gesa. Waktu anak sakit demam, hal yang lebih utama yaitu mencari penyebab demam tersebut. Bunda, jangan segera memberikan obat-obatan, terlebih obat itu adalah obat warung. Bunda, dapat berkonsultasi ke dokter.

Bila penyebab demam itu dari virus beresiko, seperti DBD, meningitis atau infeksi otak atau mungkin saja karena infeksi bakteri seperti tifus atau infeksi saluran kencing, jadi dokter bisa melakukan beragam penanganan cepat serta pas.

Di bawah ini berbagai pemicu demam pada anak serta aksi apa saja yang perlu bunda kerjakan : 

Demam karena infeksi virus 

Infeksi virus ditandai dengan pilek serta atau batuk, atau diare tanpa darah. Beberapa infeksi virus tanpa gejala batuk, pilek atau masalah lain. Ciri khas infeksi virus demam biasanya bakal tinggi dalam 1-2 hari pertama, waktu hari ke 3-5 turun atau terkadang hari ke 4-5 naik lagi namun tak setinggi hari ke 1-2. Biasanya hari ke 6-7 bakal membaik sendiri. Dalam situasi seperti ini tidak perlu antibiotika serta tidak perlu teliti darah.

Demam berdarah dengue 

Infeksi virus yang paling mesti diwaspadai yaitu DBD dengan penampilan khas demam biasanya akan tinggi dalam 1-2 hari pertama, waktu hari ke 3-5 turun atau kadang hari ke 4-5 naik lagi namun tak setinggi hari ke 1-2. Namun waktu hari ke 3-5 anak sangatlah lemas tidak ingin main turun ke bawah sepanjang hari anak tidur serta cuma ingin digendong berebah di sandaran. Dalam situasi seperti ini dianjurkan untuk check darah komplit, atau IgG IgM Dengue. Namun tak perlu teliti widal atau IgG Tiphus. Juga tak perlu teliti CRP, SGOT, SGPT. Kontrol untuk penyakit tifus kerap sangat peka, di mana waktu terkena infeksi virus hasil pemerikaan widal atau IgG Tiphus bertambah padahal tak menanggung derita penyakit tifus. Hal ini yang tunjukkan bahwa pasien demam berdarah juga didiagnosis sakit tifus. Sebenarnya yang berlangsung hasil laboratorium tifus sering menyesatkan karena menyebabkan tanda positif palsu. Hal semacam ini sering berlangsung terlebih pada pasien alergi serta hipersensitif saluran cerna

Radang selaput otak atau infeksi otak (Meningitis atau ensefalitis) 

Infeksi virus yang beresiko yang lain yaitu meningitis serta ensefalitis. Penyakit ini hars dicurigai apabila demam dibarengi kejang berulang serta lama atau disertai kesadaran menurun

Infeksi bakteri 

Pemicu infeksi yang jarang yaitu infeksi bakteri. Ciri khasnya yaitu waktu hari 1-2 tak terlalu tinggi, namun hari ke 3-5 makin tinggi. Infeksi bakteri yang perlu dicurigai yaitu infeksi saluran kencing, tifus, bronkitis, pnemonia atau infeksi bakteri yang lain. Dalam situasi seperti ini, sebaiknya mesti dikonsultasikan ke dokter.

Penyebab yang jarang terjadi 

Pemicu lain sangat jarang seperti reaksi auto immun, keganasan serta sejenisnya. Hal semacam ini terjadi apabila demam lebih dari 5-7 tak diketahui penyebab.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment