HILANGKANLAH KEBIASAAN ANDA, SARAPAN GORENGAN SAMBIL MINUM KOPI, SANGAT BERESIKO 65% LEBIH CEPAT TERKENA DIABETES



Sarapan pagi dengan gorengan merasa nikmat bila ditemani sekangkir kopi hangat. Namun kebiasaan ini sangat tidak bagus. Setidaknya janganlah memulai hari dengan sarapan makanan berlemak seperti gorengan, terlebih bila di sajikan dengan kopi sebagai teman sarapan. Riset terbaru tunjukkan bahwa kombinasi keduanya mengakibatkan lonjakan gula darah. Menurut suatu studi dari University of Guelph, minum kopi sesudah makan makanan yang berminyak bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Dampak ini bahkan berlaku untuk orang yang sehat yang tidak berisiko pada diabetes. Seperti yang sudah di ketahui, konsumsi makanan berminyak sudah dihubungkan dengan lonjakan gula darah. Nah, dengan menggabungkannya dengan minum kopi bisa menggandakan efek itu. Peneliti menyebutkan bahwa gorengan mengandung lemak jemu yang bikin badan kesulitan bersihkan gula dari darah.

Walau sudah melalui beberapa jam sesudah makan gorengan, minum kopi bisa menaikkan tingkat kesusahan pembersihan gula. " Hal ini tunjukkan bahwa dampak makanan tinggi lemak bisa berjalan sampai berjam-jam, " kata Marie-Soleil Beaudoin danTerry Graham, peneliti dari University of Guelph, seperti ditulis theglobeandmail.

Tim peneliti meminta sebagian peserta studiuntuk makan makanan berlemak, setelah 6 jam, peserta diminta minum minuman gula. Umumnya, badan segera menghasilkan insulin untuk menghilangkan gula dari darah.

Namun penelitian tunjukkan bahwa setelahmakan makanan berlemak, badan kurang bisa memproduksi insulin serta tingkat guladalam darah peserta 32 % lebih tinggi di banding peserta riset yangtidak konsumsi makanan berlemak pada awal mulanya.

Sisi kedua riset, peserta diminta untukminum 2 cangkir kopi setelah 5 jam makanan berlemak serta minuman gula. Akhirnya kandungan gula dalam darah bertambah hingga 65 % di banding kelompok kontrol. Gula yang berlama-lama dalam darah bisa merugikan kesehatan seperti tingkatkan risiko diabetes, rusaknya arteri, danpenyakit jantung. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Orang yang berisiko tinggi pada diabetesatau penyakit jantung, mesti lebih waspada mengkombinasikan makanan. Jauhi makanan tinggi lemak serta batasi asupan cafein untuk menjaga kestabilan gula darah.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment