RO*KO*K TIDAK HANYA MERUGIKAN DIRI SENDIRI TETAPI ORANG LAIN JUGA, GARA-GARA RO*KO*K JANTUNG ANAK KU BOCOR



Bahaya ro*ko*k tidak cuma untuk si pero*ko*k tetapi juga pada orang lain yang menghirupnya. Sayang, beberapa orang tutup mata serta telinga serta tak perduli dengan orang lain. Padahal ro*ko*k bisa menghacurkan masa depan anak.

Terdengar kejam namun inilah yang dihadapi seorang ibu asal Tangerang, Laili (bukan nama sebenarnya). Ia tak menyangka bila asap rokok bisa membuat bayinya menderita.

Didapati di Rumah Echo di bilangan Jakarta Timur, Laili membawa buah hatinya untuk lakukan pemeriksaan jantung. Menurut dia, dokter menemukan hal yang aneh dua hari sesudah Leo (bukan nama sebenarnya) lahir.

 " Dua hari sesudah Leo lahir, dokter katakan seperti ada kebocoran di katup jantungnya. Bahkan dokter mendengar ada suara mendesis di jantungnya, " kata ibu dua anak ini pada wartawan, Sabtu (13/9/2014).
 
Sempat memeriksakan jantung anaknya pada pakar jantung anak di RS. Hermina, Jakarta, Leo juga disarankan untuk lakukan pemeriksaan usg jantung untuk tahu kondisinya. Tetapi biaya yang mahal bikin pasangan yang melahirkan Leo sepuluh bulan lalu itu pada akhirnya melihat ada kontrol jantung anak murah di Rumah Echo.
 " Akhirnya ada 2 titik kelainan jantung. Namun saya kurang memahami. Yang pasti, berat tubuh Leo sulit naik serta kesehatannya benar-benar mesti dijaga kesehatannya, " kata Laili.

Terpapar rokok waktu hamil
Laili menyampaikan, dahulu sewaktu hamil ia sering terpapar asap rokok dari orang lain termasuk juga suaminya. Selain itu, aspek kebersihan waktu melakukan aktivitas juga jadi pemicunya.

 " Maka dari itu mba, nanti bila hamil sebisa mungkin jagalah kebersihan. Saya dahulu sering terkena asap ro*ko*k yang saya pikir tak begitu membahayakan. Saat ini meskipun Leo terlihat sehat namun dia butuh perlakuan lebih lanjut serta dia bakal jadi anak laki-laki yang lemah, " tukasnya.

Founder Rumah Echo serta Spesialis Anak, dr. Piprim B Yanuarso, SpA (K) mengatakan, kontrol Echo Jantung pada anak sangat penting untuk tahu jenis penyakit serta terapinya. Pasalnya sekarang ini ada 1 dari 100 bayi yang lahir menanggung derita penyakit jantung bawaan atau bila diibaratkan ada 5 juta bayi per tahun jadi 50 ribu bayi menderita jantung bawaan.

 " Echo dibutuhkan untuk tahu jenis kelainan jantung bawaan serta jenis pengobatan yang tepat. Bila anak terlambat untuk dideteksi serta diobati jadi ia tak dapat diselamatkan serta kita kehilangan generasi, " tuturnya.

Piprim memberikan, anak yang lahir dengan kelainan jantung biasanya terjadi pada umur sebagian jam hingga beberapa hari setelah lahir. Bila ada yang merasakannya, jadi setidaknya butuh tindakan intervensi segera baik berbentuk pemberian obat-obatan atau aksi intervensi berbentuk pemasangan balon, pen atau operasi yang sifatnya menyelamatkan nyawa. Bila hal ini tak dilakukan jadi bakal berakibat fatal atau kematian pada bayi itu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment