TEMAN-TEMAN SEMUA INI ADA TIPS UNTUK MERAWAT KAMAR MANDI DAN TOILET, KARENA DISINILAH TEMPAT SARANGNYA BAKTERI DAN PENYAKIT, SAYANGILAH KESEHATAN KELUARGA ANDA SEBELUM MENYESAL



Apa anda terasa jengkel apabila situasi kamar mandi & toilet anda alami kerusakan maupun masalah. Berikut ini 9 Tips Menjaga Kamar Mandi & Toilet yang mungkin saja bermanfaat buat agan-agan sekalian :

1. Ampas Kopi untuk Kamar Mandi 

Ampas kopi tubruk bisa bermanfaat untuk menyingkirkan bau tidak enak di kamar mandi (WC). Caranya sangat gampang. Siapkan secangkir air panas. Masukkan ampas kopi. Tambahkan sedikit garam lalu campur. Kemudian, siram air kombinasi tadi ke lubang WC serta sekitarnya. Dalam sekejap kamar mandi (WC) dirumah Anda juga terbebas dari bau tidak enak.

2. Saluran Pembuangan Air Tersumbat 

Saluran pembuangan air di kamar mandi sangat utama perannya. Bila tersumbat, air kotor tidak bisa mengalir ke got hingga menimbulkan bau tak enak serta bibit penyakit. Saat sebelum tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan saluran pembuangan air. Namun, bila telah tersumbat, kita dapat membuatnya lancar. Caranya, taburkan soda api pada saluran
pembuangan air yang tersumbat. Biarlah selama satu malam. Basuh dengan air sampai kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

3. Atasi Shower Mampat 

Mandi memakai shower (pancuran air) lebih hemat air dari pada mandi dengan memakai bak mandi. Namun, bersamaan usia penggunaan, kepala showerbisa mampat. Jika kepala shower mampat, coba tips tersebut. Rebus kepala shower dari logam dengan larutan 1 liter air ditambah satu cangkir cuka, selama 15 menit. Untuk kepala showeryang terbuat dari plastik, rendam dalam campuran air panas serta cuka dengan perbandingan yang sama.

4. Membersihkan Bak Mandi 

Masukkan citrun (bahan tambahan untuk membuat es) ke bak mandi porselen yang di isi penuh. Sebanyak 5 sendok makan citrun untuk 1 m3 air. Aduk citrun serta air sampai rata. Biarlah selama semalam. Esok harinya, kuras bak mandi. Kotoran di bak mandi akan luntur dengan sendirinya. Untuk menghilangkan kotoran di bak mandi
tanpa ada mesti kuras yaitu celupkan selang air dengan panjang ±1½ kali tinggi bak ke bak mandi. Caranya, sesudah selang terisi penuh, tutup ke-2 lubang selang dengan ke-2 jari jempol. Angkat salah satu ujung selang ke luar bak, sedang ujung yang satunya terus didalam bak. Lepaskan ke-2 jempol secara berbarengan dari ujung selang. Air bak bakal mengalir ke luar serta kita tinggal “menjalankan” ujung selang untuk mengisap kotoran di basic bak mandi. Cara ini dimaksud juga menyifon.

5. Atasi WC Mampat 

WC mampat bikin aktivitas di kamar mandi jadi tidak nyaman. Tetapi, janganlah cemas. Pakai garam dapur untuk melancarkan WC yang mampat. Larutkan 1 kg garam dapur dalam 1 ember air. Tuang larutan garam itu ke toilet/WC. Jangan pakai toilet/WC selama kurang lebih 5 jam. Setelah itu, siram air yang banyak dengan  hentakan kuat.

6. Septictank Penuh

Manfaat septictanksangat vital untuk rumah tinggal. Adakalanya septictank telah penuh bikin WC/toilet tak dapat dipakai. Tetapi, septictank yang penuh jangan dulu dibongkar. Berikan perlakuan dengan memasukkan cairan pengurai tinja ke kloset. Cairan ini dapat dibeli toko bangunan serta peralatan rumah.

7. Arang Hilangkan Bau WC 

Kamar mandi rawan sekali bakal bau tak enak. Untuk menghilangkan bau tak enak ini cukup gampang. Letakkan sebagian arang yang masih tetap baru di sudut-sudut WC. Dalam beberapa hari bau WC bakal hilang. Hal ini karena arang berperan juga sebagai penyerap bau-bauan.

8. Kloset Kotor 

Kerak pada kloset tak enak dilihat. Kerak ini sulit hilang bila cuma dibikin bersih dengan air. Pakai cuka dapur untuk membersihkan kloset. Caranya, siramkan dua gelas cuka dapur serta biarlah selama 1 jam. Setelah itu, gosok kerak sampai bersih. Langkah berikutnya, basuh dengan air bersih.

9. Mengusir Kecoa di Kamar Mandi 

Kecoa seringkali didapati di daerah lembap atau basah, seperti kamar mandi. Kecoa dapat juga menebarkan bibit penyakit. Berikut ini panduan mengusir kecoa. Siapkan 1/4 liter air, 10 ml alkohol 75%, serta 20 ml tanaman cengkeh yang telah ditumbuk. Campur formula diatas hingga rata. Semprotkan di sekitar lantai serta dinding kamar mandi. Campuran itu bisa bertahan hingga sebulan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment