WAH SEREM NIH, AWAS HATI-HATI YANG SUKA BEROBAT KE DOKTER, TERNYATA STETOSKOP LEBIH KOTOR DI BANDING TANGAN DAN BISA TERKENA BAKTERI (MRSA), YANG BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN



Tangan adalah medium utama perpindahan bakteri. Pernyataan ini dapat berlaku dirumah sakit, tempat beberapa pekerjanya menerapkan standard ketat dalam hal kebersihan serta sterilisasi. Tetapi satu riset oleh para investigator Rumah Sakit Universitas Jenewa, Swiss, temukan stetoskop dokter malah lebih terkontaminasi bakteri daripada tangan mereka.

Dalam laporan jurnal medis Mayo Clinic Proceedings edisi Maret 2014, ketua tim investigasi Didier Pittet menyampaikan stetoskop adalah alat yang sering dipakai dokter serta petugas kesehatan sepanjang hari. Stetoskop bersentuhan segera dengan kulit pasien serta jadi tempat tinggal ribuan bakteri dari sistem kontrol sebelumnya.

Bakteri yang hinggap di stetoskop sangatlah bervariasi, termasuk juga Staphylococcus aureus yang kebal pada meticilin (MRSA), antibiotik dari kelas penicillin. Bakteri ini adalah pemicu infeksi yang susah diakukan. Bakteri MRSA adalah masalah paling utama dirumah sakit, penjara, serta panti jompo. Pasien dengan luka terbuka serta kekebalan badan yang rendah lebih rentan terserang infeksi.

Menurut Pittet, dipandang dari perspektif perlakuan infeksi serta keselamatan pasien, stetoskop dapat dikira sebagai perpanjangan tangan beberapa dokter serta petugas kesehatan. Seharusnya stetoskop selalu disterilkan sesudah bersentuhan dengan pasien.

 " Menurut kami, stetoskop adalah penghubung paling mungkin dalam terjadinya perpindahan bakteri, " kata Pittet, yang juga menjabat Direktur Program Perlakuan Infeksi serta Pusat Kerja Sama Organisasi Kesehatan Dunia untuk Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Universitas Jenewa.

Dalam penelitian ini, ada 71 pasien yang dilibatkan. Mereka diperiksa dokter yang memakai sarung tangan serta stetoskop steril. Selesai pemeriksaan, bagian selang serta membran stetoskop lalu di teliti untuk tahu keberadaan serta jumlah bakteri. Tim juga mengecek beberapa bagian tangan dokter, seperti punggung tangan, ujung jari serta telapak.

Hasil penelitian tunjukkan membran stetoskop lebih terkontaminasi bakteri di banding semua sisi tangan dokter, kecuali ujung jari. Ujung jari adalah bagian yang paling banyak ditempati bakteri daripada area tangan yang lain. Bagian selang stetoskop bahkan juga jauh lebih kotor daripada punggung tangan dokter.

Hasil sama juga ditemukan dalam penyelidikan pada kehadiran bakteri MRSA setelah dokter mengecek pasien yang memiliki koloni bakteri itu. Hasil riset ini tunjukkan beberapa pekerja kesehatan seharusnya lebih siaga dengan mensterilkan stetoskopnya setelah dipakai.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment