AWAS WASPADALAH !!! INI SANGAT BERBAHAYA !!! TERNYATA DAUN SINGGKONG MENGANDUNG SIANIDA YANG MEMATIKAN !!! SUDAH ADA KORBANYA LHO !!! TAPI JANGAN MERASA CEMAS, INI CARA PENGOLAHAN YANG BENAR !!!



Sayuran daun singkong telah tak asing di telinga kita. Jenis sayuran ini dapat begitu gampang diketemukan di beberapa warung makan.

Tetapi tahukah Anda apabila ada jenis singkong sekalian daunnya yang mengandung sianida? Supaya aman dikonsumsi, butuh dikerjakan sebagian sistem untuk memasaknya.

Akun Facebook Tri Cahya Saputra menjelaskan bagaimana seorang tetangganya wafat dunia disangka sesudah makan daun singkong jenis taun.

Mulut korban mengeluarkan busa hingga segera dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

 " Daun singkong type taun yang besar itu ternyata mengandung racun. Mungkin saja karena cara memasak yg tidak pas atau sebab lain saya kurang tahu. Ia (korban) meninggal dunia, " catat Tri di Facebook.

Tulisan itu ditanggapi banyaknya netizen serta beberapa membenarkan kalau daun singkong jenis itu beracun. Sejumlah pemakai Facebook bahkan juga menyampaikan apabila singkong mengandung sianida.



 " Getah singkong dari mulai kulit, buah, batang hingga daun mengandung sianida. Sapi tetangga saya juga keracunan karena kulit singkong, " catat akun Facebook Gunawan Gundhul menyikapi tulisan itu.

Lalu, singkong seperti apakah yang butuh diwaspadai?

Dalam keadaan normal, singkong adalah sumber karbohidrat serta serat makanan walau mempunyai sedikit protein. Pada sebagian jenis singkong, ada senyawa yang berpotensi toksin yaitu linamarin serta lotaustralin yang termasuk juga glikosida sianogenik.

Jurnal yang diterbitkan Sentra Info Keracunan Nasional, Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) menjelaskan, Linamarin dengan cepat dihidrolisis jadi glukosa serta aseton sianohidrin.

Sedang lotaustralin dihidrolisis jadi sianohidrin serta glukosa.

Dibawah keadaan netral, aseton sianohidrin didekomposisi jadi aseton serta hidrogen sianida (HCN) hingga mengakibatkan keracunan untuk yang konsumsi.

Orang-orang luas mengenalnya sebagai toksin asam biru karena ada bercak biru pada singkong. Hingga apabila temukan warna itu, baiknya urungkan kemauan untuk mengkonsumsi singkong.

Makin tinggi kandungan sianida, rasa singkong akan makin pahit. Sedang singkong yang manis sedikit mengandung sianida.

Kebanyakan keracunan singkong lantaran sistem memasak yg tidak benar. Apabila benar-benar sangat membutuhkan singkong yang mempunyai bercak biru, Anda mesti mengupas kulit serta mencucinya dengan bersih.

Potong-potong singkong serta rendam di air bersih yang hangat selama sekian hari. Kemudian, bersihkan kembali serta masak dengan prima, baik itu di rebus, goreng maupun bakar.

Jika ada yang terlanjur keracunan, berikanlah arang aktif namun mesti sesuai sama dosis yang tercantum dalam label paket. Apabila arang aktif tak ada, rangsang pasien untuk muntah serta segera larikan ke rumah sakit.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment